Cara Cek Keaslian STR Secara Online

Cara Cek Keaslian STR Secara Online

Surat Tanda Registrasi atau yang kerap kami sebut STR merupakan keliru satu kewajiban yang perlu dimiliki oleh seorang tenaga kesehatan yang bekerja pelayanan kesehatan layaknya tempat tinggal sakit, puskesmas, klinik dan fasilitas pelayanan kesehatan. Seorang tenaga kesehatan perlu punyai STR telah diatur di dalam Undang-Undang berkenaan Tenaga Kesehatan No 36 th. 2014.

Proses beroleh STR perlu mencukupi prosedur yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan lewat Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia (KTKI). Sebelum beroleh STR tenaga kesehatan yang telah lulus berasal dari perguruan tinggi kesehatan perlu mengikuti Uji Kompetensi (UKOM) tenaga kesehatan sebagai syarat beroleh Sertifikat Kompetensi (Serkom) yang menjadi keliru satu syarat utama di dalam pengurusan STR.Sejak dibawa kendali KTKI sistem penerbitan STR selamanya dikembangkan, th. 2019 silam keliru satu inovasi berasal dari KTKI adalah pengurusan STR perlu dijalankan secara online yang tahun-tahun di awalnya sistem secara manual lewat MTKI (Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia). Saat ini KTKI mengembangkan inovasi yaitu Elektronik STR (e-STR) yang pastinya bakal lebih mempermudah tenaga kesehatan untuk beroleh STR.

Program e-STR ini mengacu terhadap Permenkes No. 83 tahu 2019 berkenaan Registrasi Tenaga Kesehatan, di mana penerbitan STR yang mencukupi syarat bakal diterbitkan secara elektronik (e-STR). Begini langkah-langkah cek atau cetak e-STR tenaga kesehatan lewat aplikasi/website KTKI Cek STR Online .

TATA CARA CETAK ELEKTRONIK STR (e-STR)
Tenaga Kesehatan yang telah dinyatakan mencukupi beberapa syarat dan telah membayar Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), serta telah dijalankan penandatanganan secara elektronik oleh Ketua Divisi MTKI yang seterusnya oleh Ketua Konsil tiap-tiap Tenaga Kesehatan atas nama Menteri Kesehatan. STR lantas sanggup dicetak secara independen oleh pemohon ditempat masing-masing.

Langkah-langkah cetak e-STR:

Pastikan perangkat komputer/laptop yang digunakan telah membuka dengan mesin pencetak (printer) berwarna dan mengfungsikan kertas A4 80
Untuk mencetak e-STR, login dengan email dan PIN yang sudah
Kemudian memilih menu cek status
Cetak e-STR dan legalisir STR cuma sanggup dijalankan sehabis Saudara masuk kedalam langkah 5 : Cetak STR, lantas klik “Cetak E-STR”
Setelah klik Cetak e-STR, maka bakal nampak kolom pengisian One Time Password (OTP). Kode OTP berupa 6 (enam) digit angka bakal dikirimkan ke email Saudara yang berlaku selama 5 menit.
Cek kode OTP yang dikirimkan ke email
Masukan kode OTP yang didapatkan lewat email, di dalam borang yang disediakan, lantas klik kirim.
Untuk menghindari kekeliruan cetak e-STR maupun legalisir STR, pemohon lebih-lebih dahulu bakal diarahkan untuk laksanakan “Test Print”. Pastikan laptop/komputer telah terkoneksi dengan printer warna dan ada kertas A4 80 gram. Masing-masing dokumen cuma sanggup dicetak satu kali. Untuk laksanakan Test Print klik ikon atau kotak Test Print.
Setelah klik Test Print, bakal ada notifikasi peringatan cetak sebagai berikut, terkecuali telah membuka ke printer warna dan buat persiapan kertas A4 80 gram, lantas klik YAKIN
Untuk Test Print silakan memilih printer warna yang digunakan pastikan cetak dokumen dengan pilihan color atau warna dan ukuran kertas A4, lantas klik “Print”
Setelah berhasil Test Print mengfungsikan printer warna, silakan lanjutkan untuk mencetak e-STR atau cetak legalisir
Setelah masuk Cetak e-STR atau legalisir STR, pastikan ulang printer warna telah terkoneksi, mencetak dokumen dengan pilihan color atau warna, dan mengfungsikan kertas HVS A4 80 gram lantas klik Print.
Lakukan perihal yang mirip untuk cetak dukumen legalisir 1 dan legalisir
Setelah laksanakan cetak dokumen e-STR maupun legalisir STR, maka tampilan ikon cetak dokumen bakal berubah menjadi lebih pudar. Tanda tersebut menunjukan, Saudara telah mencetak e-STR dan legalisir STR yang cuma sanggup dijalankan satu kali. Contohnya sebagai berikut:
Berikut rangkaian registrasi STR online dan penerbitan e-STR yang dijalankan oleh Tenaga Kesehatan di area masing-masing

Leave a Comment